top of page
  • Writer's pictureDialograf Indonesia

10 Jenis-Jenis Desain Grafis yang Paling Populer


Desain grafis adalah hal yang sangat erat dengan kehidupan sehari-hari dan jenis-jenis desain grafis juga lumayan banyak. Desain grafis merupakan bidang yang membuat Anda bisa menyimak fotografi, tipografi, ilustrasi dan motion grafis.


Biasanya, bidang ini berhubungan dengan media elektronik, media cetak dan penerbit. Akan tetapi, seseorang yang bekerja di bidang ini, tidak hanya bisa berkarir di media, namun juga bisa masuk di berbagai industri lainnya.


Apalagi di zaman sekarang yang dikuasai oleh media digital, desain grafis sangat banyak dibutuhkan dalam berbagai sektor dan industri. Lalu, jika kembali ke kalimat awal di atas, muncul pertanyaan apa saja jenis-jenis desain grafis itu? Anda bisa menyimak daftar berikut untuk mendapatkan jawabannya.


Jenis-Jenis Desain Grafis yang Populer di Industri Desain


1. Desain Multimedia atau Multimedia Design

Jenis desain grafis yang pertama ini banyak digunakan dalam berbagai konteks. Termasuk di situs web interaktif, presentasi multimedia, aplikasi mobile, pengembangan game serta konten digital yang lainnya.



Desain multimedia merupakan jenis desain grafis yang melibatkan penggabungan antara elemen desain grafis dengan video, audio dan interaktif dalam satu karya. Desain multimedia memiliki tujuan utama untuk menciptakan pengalaman multimedia yang menarik dan beragam


2. Desain Pameran atau Exhibition Design

Kalau desain pameran, cakupannya adalah membuat sebuah tampilan visual yang informatif serta menarik dalam sebuah acara perayaan atau pameran. Sesuai dengan namanya, jenis desain yang satu ini lebih fokus pada pencahayaan, pengaturan serta sejumlah elemen visual yang lainnya.


Tujuan utama desain pameran ialah untuk menciptakan suasana yang bisa mengundang perhatian banyak orang namun sekaligus bisa dimanfaatkan untuk memamerkan sebuah konsep, informasi atau produk dengan cara yang lebih menarik.


3. Desain Gerak atau Motion Design

Desain gerak lebih melibatkan efek visual serta penggunaan animasi dalam konten digital. Ini dilakukan dengan tujuan supaya pengguna bisa mendapatkan pengalaman yang menarik namun juga dinamis melalui kombinasi pergerakan dengan desain grafis.


Contoh produk desain grafis jenis ini sudah banyak digunakan dalam berbagai hal termasuk dalam iklan, aplikasi, situs web, presentasi, video serta berbagai media digital lainnya.


4. Desain Paket atau Packaging Design

Kalau jenis-jenis desain grafis yang satu ini, lebih kepada proses penciptaan kemasan produk yang fungsional namun juga tampak menarik. Sesuai dengan penjelasan tersebut, jenis desain paket sangat penting bagi dunia pemasaran mengingat kemasan itu menjadi elemen pertama yang akan dilihat oleh konsumen.


Selain itu, desain ini juga sangat penting supaya produk berbeda dari produk pesaing sekaligus mencerminkan identitas merk. Pada desain paket ini biasanya juga akan dicantumkan informasi seperti label keamanan, tanggal kadaluarsa, komposisi, cara penggunaan, nama produk dan sebagainya.



5. Desain Motion Graphics

Sesuai dengan namanya, jenis desain grafis yang satu ini lebih mengacu pada penggunaan elemen desain grafis yang bisa bergerak. Dengan kata lain, desain motion graphics ini menggabungkan antara efek visual dan animasi untuk membuat sebuah konten yang menarik.


6. Desain Web atau Web Design

Sesuai dengan namanya, desain web ini merupakan proses menciptakan tampilan visual yang optimal dalam suatu web. Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa desainer web akan bertanggung jawab dalam hal merancang tata letak, elemen visual sekaligus interaksi antarmuka.


Tujuannya adalah supaya para pengguna bisa berinteraksi dengan web tersebut dengan mudah. Dalam prosesnya, desainer harus mempertimbangkan beberapa hal di antaranya adalah estetika, responsivitas dan kegunaan.


7. Desain Ilustrasi atau Illustration Design

Desain ilustrasi lebih merujuk pada pembuatan ilustrasi atau gambar yang nantinya dipakai untuk menggambarkan sebuah ide, cerita atau konsep. Tentunya, dalam jenis desain satu ini akan dimaksimalkan pemanfaatan elemen visual untuk menciptakan karya seni yang sangat menarik.


Pemanfaatan elemen visual yang dimaksud diantaranya adalah komposisi, warna dan gambar. Umumnya, ilustrasi ini banyak digunakan dalam media cetak, media digital, poster, iklan, majalah serta buku anak-anak.



8. Desain Tipografi atau Typography Design

Kalau desain tipografi, ini adalah penggunaan atau pengaturan huruf di dalam desain grafis yang ditujukan untuk menciptakan efek visual yang mudah dibaca sekaligus menarik. Untuk mencapai tujuan itu, penggunaan sejumlah elemen yaitu warna, ukuran, jenis serta penempatan huruf sangat penting.


9. Desain Iklan atau Advertising Design

Kalau desain iklan, ini adalah pembuatan materi promosi yang tujuannya adalah untuk memperkenalkan sebuah layanan atau produk. Desain grafis ini akan mencakup pembuatan elemen visual serta pesan untuk mempengaruhi audiens agar berminat pada produk atau layanan yang dimaksud.


Hal yang sangat penting diperhatikan dalam desain iklan ini ialah daya tarik visual. Artinya, desain harus mempunyai tampilan yang menarik dan tampilan seperti ini akan didapatkan melalui pemilihan elemen visual seperti tipografi, gambar dan warna yang cermat.


10. Desain Identitas Perusahaan atau Corporate Identity Design

Desain identitas perusahaan biasanya akan mencakup pembuatan amplop khusus perusahaan, kop surat, kartu nama, logo perusahaan serta elemen-elemen visual yang lainnya.


Dengan kata lain, jenis desain grafis satu ini merupakan proses untuk menciptakan elemen visual yang mampu merepresentasikan suatu perusahaan. Tujuan dari desain identitas perusahaan itu sendiri ialah untuk membangun citra perusahaan sehingga bisa lebih mudah dikenal serta dibedakan dari pesaing.


Jenis-jenis desain grafis diatas mempunyai keunikan serta tantangan tersendiri. Adakalanya seorang desainer grafis akan mengombinasikan beberapa jenis desain sekaligus. Pastinya, desainer grafis yang profesional akan mengerjakan tugasnya sebaik mungkin.



Nah, untuk Anda yang memerlukan jasa desain multimedia serta animasi 3D, bisa mempercayakannya pada Dialograf. Ini adalah tim kreatif yang akan membantu menciptakan ide sekaligus visual menakjubkan.


Dialograf sendiri sudah memberikan sumbangsih terhadap berbagai proyek yang melibatkan nama-nama besar di Indonesia. Dengan adanya rekam jejak ini, pastinya Anda sudah tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan jasanya saat membutuhkan desain multimedia dan animasi 3D. Untuk info lebih lanjut, hubungi kami di sini.


Comments


bottom of page