top of page
  • Writer's pictureDialograf Indonesia

Kenali Jenis-jenis Video Marketing yang Tepat untuk Bisnis Anda!


kenali-jenis-jenis-video-marketing-yang-tepat-untuk-bisnis-anda

Video marketing merupakan salah satu strategi konten pemasaran yang umum digunakan dalam mempromosikan bisnis secara online. Jenis video marketing pun beragam sesuai disesuaikan dengan tujuan dan kebutuhan.


Kini tren video marketing semakin meningkat karena mampu menggabungkan daya tarik visual, suara, dan narasi yang kuat, sehingga penyampaian pesan lebih efektif dibandingkan dengan media lainnya.


Dalam artikel ini, akan diulas lebih jauh mengenai jenis dan kelebihan video marketing yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimalkan strategi pemasaran Anda. Berikut selengkapnya.


Apa itu Video Marketing?


Video marketing adalah teknik pemasaran untuk mempromosikan produk, layanan, maupun bisnis dengan menggunakan video sebagai media utamanya.


Dengan menggunakan elemen visual, suara, dan narasi, video marketing dapat menarik perhatian audiens, mengkomunikasikan pesan dengan jelas, dan mempengaruhi perilaku pembeli.


Dalam dunia pemasaran online yang semakin berkembang, video marketing menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan visibilitas merek dan mencapai target audiens secara lebih luas.


Kelebihan Konten Video bagi Bisnis


Diketahui, penggunaan konten video memiliki sejumlah kelebihan yang baik untuk bisnis Anda. Dimana kelebihan video marketing tersebut, antara lain:


1. Membangun Kepercayaan


Dengan menyajikan konten video yang berkualitas dan menarik, selain dapat meningkatkan identitas brand, hal ini juga dapat membangun kepercayaan calon pelanggan maupun pelanggan pada bisnis Anda.


Hal ini dikarenakan konten video mampu menyampaikan informasi dengan lebih menarik dan menyentuh emosi, sehingga dapat membuat audiens merasa terhubung dengan bisnis Anda.


2. Meningkatkan Jangkauan


Selain itu, konten video juga memiliki potensi untuk mencapai jangkauan yang lebih luas. Terlebih lagi saat ini ada begitu banyak platform berbagi video yang kian populer dan banyak diminati.


Melansir dari Hubspot, 92% pengguna seluler membagikan video yang mereka tonton. Jadi, dengan membuat konten produk atau bisnis yang menarik, bisnis lebih berpotensi untuk viral dan mudah dikenal.


3. Mempengaruhi Audiens


Dalam konten video, Anda dapat menggunakan elemen, visual, audio, dan narasi untuk menggambarkan produk atau layanan Anda dengan lebih baik.


Tentunya, hal ini dapat membantu audiens memahami nilai dan manfaat yang ditawarkan oleh bisnis Anda. Ini juga dapt mendorong audiens memutuskan untuk membeli atau memakai produk tersebut.


4. Didukung oleh Mesin Pencari


Tak hanya itu saja, konten video dapat membantu halaman website muncul di halaman pertama hasil pencarian. Hal ini disebabkan konten video lebih disukai mesin pencari dan mampu meningkatkan SEO website Anda.


Apa Saja Jenis Video Marketing?


Sebelum memutuskan untuk membuat video, Anda perlu memahami terlebih dahulu jenis konten video yang tepat untuk branding dan marketing. Sebab, setiap jenis memiliki tujuan dan metode pembuatan yang berbeda.


Berikut ini merupakan jenis-jenis konten video marketing:


1. Video Branding


Video branding adalah salah satu metode video marketing yang bertujuan untuk mengenalkan atau memasarkan produk atau brand kepada audiens. Dengan teknik video ini, Anda mampu memberikan ajakan kepada penonton untuk mencoba atau membeli produk tersebut.


2. Video Tutorial


Jenis video tutorial merupakan video marketing yang memberikan edukasi kepada audiens untuk menambah pengetahuan umum yang diperlukan. Umumnya jenis video ini memberikan langkah-langkah untuk menggunakan produk, cara menyimpan suatu produk, dan sebagainya.


3. Video Demo


Hampir serupa dengan video tutorial, video demo lebih fokus pada nilai atau kelebihan yang dimiliki. Tujuan video marketing ini adalah untuk membuktikan audiens bagaimana produk dapat meningkatkan kualitas hidup mereka.


4. Video Testimoni


Salah satu cara untuk menambah kepercayaan audiens terhadap produk atau layanan Anda adalah ulasan atau testimoni nyata dari individu yang telah menggunakan produk Anda karena orang cenderung lebih percaya pada pengguna yang sudah mencoba produk dan berbagi pengalaman mereka.


5. Video Live


Jenis video marketing yang kini tengah populer digunakan adalah video live. Teknik ini dinilai memungkinkan interaksi secara langsung dengan audiens dan berpotensi menciptakan keterikatan atau sense of belonging dengan bisnis. Bahkan, saat ini banyak platform video online yang menyediakan fitur live yang bisa Anda manfaatkan dengan gratis.


6. Video Event


Merupakan teknik video marketing yang menampilkan tayangan, seperti webinar, diskusi produk, dokumentasi kegiatan sosial, kuis, maupun kegiatan lainnya. Hal ini bertujuan sebagai portofolio bisnis, sekaligus membangun kredibilitas perusahaan.


7. Video Podcast


Selain video live, strategi video marketing yang tak kalah populer dan tengah naik daun saat ini adalah video podcast. Dalam video ini, biasanya mendatangkan seseorang atau pakar yang ahli dalam suatu bidang untuk meningkatkan kepercayaan dari audiens.


Itulah pengertian mengenai video marketing beserta dengan kelebihan dan jenis-jenisnya. Dengan pergeseran preferensi masyarakat yang mulai beralih menonton video secara online, Anda bisa mengambil peluang tersebut untuk membuat konten video marketing dan meningkatkan penghasilan bisnis.


Konten merupakan cara terbaru untuk berkembang dan meningkatkan keberhasilan. Karenanya, banyak bisnis yang mulai menggunakan animasi 3D serta multimedia untuk mengkomunikasikan ide mereka. Jika Anda tertarik untuk meningkatkan jangkauan audiens bisnis, silakan hubungi Dialograf untuk informasi lebih lanjut.

Comments


bottom of page