top of page
  • Writer's pictureDialograf Indonesia

Mengenal Manfaat, Cara Membuat, dan Jenis Video Marketing


Mengenal Manfaat, Cara Membuat, dan Jenis Video Marketing

Video marketing menjadi salah satu strategi pemasaran digital yang tengah populer saat ini. Cara pemasaran produk menggunakan video dianggap lebih efektif untuk menarik perhatian audiens. Dalam bidang pemasaran digital, ada beberapa jenis video marketing yang bisa dibuat perusahaan.


Pemilihan jenis video untuk keperluan marketing tersebut harus disesuaikan dengan tujuan dan kebutuhannya. Menggunakan video marketing dengan jenis yang tepat akan lebih mampu untuk menyampaikan pesan kepada audiens.


Strategi pemasaran menggunakan video terbukti mampu menjangkau konsumen yang lebih luas, sehingga diharapkan bisa meningkatkan penjualan. Video marketing mudah dibagikan kepada audiens melalui beragam platform media sosial, seperti Instagram, Youtube, Facebook, dan TikTok.


Manfaat Video Marketing Itu Apa Saja?

Manfaat video marketing sudah dapat dirasakan oleh para pebisnis dalam meningkatkan penjualan produk maupun membentuk branding. Orang cenderung lebih suka dan memperhatikan konten berbentuk video daripada teks ataupun gambar statis.



Secara umum, penggunaan video marketing dalam bidang pemasaran adalah untuk menjangkau prospek audiens yang lebih luas, sehingga memperbesar peluang produk bisa terjual. Selain manfaat utam tersebut, konten video dengan tujuan marketing juga memiliki fungsi lainnya, yaitu :


1. Membangun Kepercayaan Audiens dan Menyentuh Sisi Emosional

Konten video lebih berhasil memberikan gambaran secara lebih detail tentang suatu produk ataupun layanan, kepada siapa saja yang menjadi target pasarnya. Dengan durasi yang tidak terlalu panjang, konten video berhasil menarik perhatian dan membangun kepercayaan pada pelanggan.


Bukan hanya sebatas itu saja, karena menyampaikan pesan lewat video juga lebih mampu untuk menyentuh sisi emosional audiens daripada teks maupun format lainnya. Dengan begitu, audiens akan menjadi lebih mudah untuk diajak membeli produk atau menggunakan layanan tertentu.


2. Jangkauan Lebih Luas dalam Waktu Singkat

Fungsi video marketing selanjutnya yaitu untuk menjangkau audiens dimana saja dalam waktu yang relatif singkat. Mengunggah video ke dalam platform media sosial membuatnya dilihat jutaan orang dalam hitungan beberapa menit saja.


3. Mudah untuk Mempengaruhi Audiens

Konten video mampu membangun emosi dan kepercayaan pada audiens sehingga lebih mudah membujuk mereka untuk membeli produk ataupun menggunakan suatu layanan. Mengapa bisa begitu? Karena otak manusia didesain untuk lebih mudah menerima pesan dalam bentuk visual.


4. SEO Friendly

Keunggulan strategi pemasaran melalui video marketing salah satunya lebih peka terhadap mesin pencarian. Algoritma Google telah mengatur bagaimana konten dalam format video lebih mudah meningkatkan SEO dibandingkan bentuk teks dan gambar.



Konten yang SEO friendly seperti itu lebih mudah ditemukan orang dan dilihat, karena cenderung ditampilkan pada halaman utama Google. Hal ini didukung oleh penelitian yang dilakukan Forrester, yaitu video yang ada pada suatu website membantu laman tersebut muncul di halaman utama.


5. Mendukung Email Marketing

Keberadaan video marketing yang ditautkan pada email pemasaran cenderung lebih disukai. Kenapa? Karena email marketing yang menyertakan video tidak membosankan dan tentunya menjadi lebih menarik untuk dilihat.


Cara Membuat Video Marketing

Ingin mencoba membuat video marketing untuk mempromosikan produk Anda? Tenang saja, Anda bisa memulainya dengan langkah-langkah sebagai berikut.


1. Pilih Target Audiens dan Ketahui Lokasi Mereka

Langkah pertama sebelum mulai membuat video marketing, tentukan dulu kalangan mana saja yang akan dituju sebagai target audiens. Selain menentukan siapa yang menjadi target audiens dari video, cari informasi juga dimana lokasi mereka berada.


Mengetahui siapa saja yang menjadi target audiens video adalah hal penting, karena sebuah konten bisa menjadi viral kalau berada di tempat yang sesuai. Yang dimaksud tempat disini bukan hanya lokasinya saja tetapi juga kalangan yang tepat untuk disasar sebagai audiens.


2. Menyusun Rencana dan Buat Video

Langkah selanjutnya adalah menyusun rencana sesuai dengan jenis video marketing yang akan dibuat. Rencana mencakup jenis video, konsep, pesan yang ingin disampaikan, anggaran dan sebagainya.



Setelah semua rencana matang, proses pembuatan video marketing bisa segera dimulai sesuai dengan master plan.


3. Pilih Platform untuk Menayangkan Video

Kalau video sudah selesai dibuat maka langkah selanjutnya adalah menayangkannya pada platform tertentu. Pilih platform mana yang dianggap lebih sesuai untuk memposting video, apakah TikTok, Youtube, Facebook, Instagram dan sebagainya.


Jenis-Jenis Video Marketing

Dalam bidang pemasaran, jenis-jenis video marketing dibagi menjadi beberapa kelompok, yaitu :


1. Video Demo

Video demo adalah video yang menjabarkan keunggulan, manfaat serta fungsi yang ada pada produk dan layanan yang dijual. Tujuan pembuatan video demo untuk membuat konsumen lebih mudah mengenal produk ataupun layanan jasa tertentu.


2. Video Event

Video marketing jenis ini berisi rekaman event yang dilaksanakan oleh perusahaan. Event yang dimaksud misalnya pameran,bazaar, bakti sosial, seminar, jumpa fans, konser dan sebagainya. Video event diharapkan bisa membangun ikatan dan perasaan dekat pada diri audiens.


3. Video Edukasi

Video edukasi isinya pengetahuan dan petunjuk tentang suatu hal. Video edukasi dibuat dengan harapan bisa memberikan solusi pada permasalahan yang dihadapi audiens, dengan cara memberikan pengetahuan serta menambah pemahaman tentang hal tersebut.


4. Video Branding

Video branding berisi pengenalan produk, termasuk juga apa saja nilai yang terdapat pada apa yang ditawarkan. Dalam video branding tidak jarang perusahaan tidak lupa untuk mengajak audiens membeli produk serta layanan yang ditawarkan.



5. Video Testimonial

Video jenis ini isinya berupa testimoni konsumen yang telah menggunakan produk dan layanan yang tersebut sebelumnya. Pada masa sekarang ini mayoritas konsumen memutuskan membeli suatu produk setelah melihat testimoni konsumen lainnya.


Jenis video marketing harus dipahami oleh perusahaan supaya apa yang menjadi tujuannya bisa tercapai secara optimal. Video marketing adalah strategi pemasaran yang efektif untuk menjangkau audiens lebih luas dan meningkatkan penjualan. Untuk info lebih lanjut, hubungi kami di sini.


Kommentare


bottom of page