top of page
  • Writer's pictureDialograf Indonesia

Peralatan Videografi yang Wajib Anda Miliki


Peralatan Videografi yang Wajib Anda Miliki

Videografi merupakan seni dan praktik dalam pembuatan video profesional dengan penggunaan kamera, lighting, dan angle gambar untuk menciptakan konten berkualitas. Oleh sebab itu, penggunaan peralatan videografi yang berkualitas sangat penting diperhatikan jika ingin belajar dunia ini.

 

Meski demikian, penggunaan peralatan yang berkualitas dalam videografi juga harus dibarengi dengan skill yang mumpuni. Hal ini dilakukan agar harga semua fitur yang tersedia pada peralatan bisa digunakan secara maksimal oleh sang videografer.

 

Untuk itu, penting bagi para videografer pemula dalam memperbanyak latihan dan jam terbang. Semakin sering latihan, maka semakin terasah pula kemampuan dalam memaksimalkan alat videografi yang sudah ada. Hasilnya, polesan hasil videografi dan sinematografi jadi makin indah dan bervariasi.

 

5 Peralatan Videografi Tingkat Lanjut yang Wajib Dimiliki


Setelah memiliki banyak jam terbang saat menjadi pemula, para videografer tentu saja ingin mengupgrade diri lebih jauh lagi, bukan? Untuk mendukung hal ini, maka tentu saja dibutuhkan rangkaian peralatan khusus videografi yang memiliki fitur lebih lengkap dari pada sebelumnya.


 

Sebelumnya, peralatan yang dibutuhkan pemula saat awal bergelut dengan dunia videografi antara lain: kamera, lensa, lighting, tripod, mikrofon, kartu memori, headphone dan baterai. Saat ingin naik kelas ke tingkat lanjut, pemula hanya perlu melakukan upgrade pada beberapa alat tersebut.

 

Jadi, apa saja alat-alat videografi tingkat lanjut yang harus diupgrade dan wajib dimiliki oleh para videografer? Berikut ini adalah daftar selengkapnya!

 

1. Kamera

Peralatan pertama yang wajib diupgrade oleh para videografer pemula tentu saja adalah kamera. Pilih kamera yang sudah dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan. Fitur-fitur tambahan ini akan membuat hasil video yang dihasilkan lebih baik dan terlihat lebih profesional.

 

Berikut ini adalah fitur yang harus dipertimbangkan saat memilih kamera untuk para videografer tingkat lanjut:

 

  • Sensor Full-frame: sensor jenis ini akan membuat hasil kualitas video jadi lebih baik daripada sensor jenis lainnya seperti APS-C atau micro four thirds.

  • Stabilisasi Gambar In-body: Fitur ini dapat membantu mengurangi guncangan kamera tanpa harus repot-repot mengedit terlebih dahulu.

  • Kontrol Manual: Memungkinkan videografer bebas mengontrol pengaturan kamera yang meliputi kecepatan rana (shutter speed), aperture, hingga ISO.

  • Format Perekaman Kualitas Tinggi: Peralatan videografi dengan fitur ini mampu menghasilkan video dengan format tinggi (4k atau 8k).

 

2. Lensa

Khusus untuk videografer tingkat lanjut, lensa adalah hal krusial yang harus segera diupgrade. Pasalnya, kamera memainkan peran penting dalam menentukan kualitas gambar, fleksibilitas komposisi hingga kejernihan visual dalam sebuah video.

 

Oleh sebab itu, disarankan para videografer tingkat lanjut untuk mengupgrade lensa yang memiliki bukaan yang lebih lebar. Hal ini dilakukan dengan tujuan dapat memberikan efek bokeh yang lebih indah hingga penangkapan cahaya yang lebih baik saat kondisi minim pencahayaan.


3. Gimbal Stabilizer

Meskipun kamera sudah memiliki fitur stabilizer, namun penggunaan peralatan videografi satu ini masih memberikan peran yang krusial. Video yang direkam dengan combo stabilizer eksternal dan kamera akan lebih halus karena gerakan dan goyangan pada kamera bisa diantisipasi.

 

Untuk itu, jika sebelumnya pemula hanya mengandalkan stabilizer dari fitur kamera atau bahkan editing, maka sekarang waktunya untuk menambahkan alat ini. Gimbal stabilizer akan membuat hasil video yang Anda rekam jadi lebih smooth dan punya sentuhan profesional dalam setiap adegannya.

 

4. Mikrofon Eksternal

Peralatan lain yang wajib untuk Anda upgrade tentu saja adalah mikrofon eksternal. Menurut fungsinya, alat ini digunakan para videografer untuk merekam secara terpisah suara objek pada kamera. Perekaman secara terpisah ini pun akan menghasilkan kualitas suara yang lebih jernih dan natural.

 

Hasil suara yang lebih jernih dan natural ini pun akan mendukung kualitas video. Dengan ini, keseluruhan video Anda mulai dari gambar hingga audio pun secara teknis mengalami peningkatan pesat seiring naiknya kemampuan dari pemula ke tingkat lanjut.

 

5. Lighting

Peralatan yang dibutuhkan videografer tingkat lanjut adalah lighting. Meski kamera sudah memiliki fitur pencahayaan yang baik, namun tetap saja elemen lighting tambahan akan membantu menciptakan kualitas gambar yang lebih jernih dan baik.


 

Agar tidak salah pilih, berikut ini adalah rekomendasi lighting tambahan yang wajib Anda pertimbangkan untuk melengkapi bagian dari peralatan untuk videografi Anda:

 

  • Speedlight: Lighting jenis ini merupakan lampu kilat yang portable dan mudah dibawa. Lampu ini dapat digunakan sebagai pencahayaan utama, backdrop atau bahkan untuk isi.

  • Lampu LED: Jenis lampu hemat energi ini memiliki tingkat ketahanan yang tinggi. Lampu jenis ini menjadi pertimbangan utama dalam videografi karena dapat digunakan untuk mengontrol pencahayaan dengan lebih presisi.

  • Lampu Softbox: Khusus bagi Anda yang ingin menciptakan cahaya yang lembut, maka pilihan yang tepat menggunakan jenis lampu satu ini.

 

Dari kelima daftar di atas, bisa dipastikan bahwa peralatan khusus videografi yang wajib diupgrade untuk naik tingkat ke kelas lanjut adalah kamera, lensa, mikrofon dan lighting. Sementara itu, para videografer juga harus mempertimbangkan menambah stabilizer untuk mendukung kualitas video.

 

Pada akhirnya, mengupgrade peralatan videografi dapat secara signifikan meningkatkan kualitas hasil video. Semakin tinggi kualitas video yang dihasilkan, maka semakin banyak orang yang tertarik pada karya yang dihasilkan!  Untuk info lebih lanjut, hubungi kami di sini.


Commentaires


bottom of page