top of page
  • Writer's pictureDialograf Indonesia

Tingkatkan Konversi dengan Konsep Video Promosi Terkini


mengenal-video-production-dan-prospek-bisnisnya

Video promosi dipakai untuk memasarkan suatu brand atau produk. Tujuan penggunaannya yaitu menjaring para konsumen sehingga bisa meningkatkan nilai penjualan. Video ini menjadi metode komunikasi dalam pemasaran supaya informasi bisa tersampaikan secara tepat sasaran.


Promosi dalam bentuk video ini dianggap sebagai cara paling efektif bagi sebagian marketer. Tidak heran jika semakin banyak pelaku bisnis yang mengiklankan brand-nya dalam bentuk video.


Kontennya yang cukup atraktif mampu menarik perhatian penonton cukup besar. Lalu, seperti apa tips pembuatan konten promosi berupa video agar tidak di-skip? Selain itu, trend promosi seperti apa yang saat ini digemari banyak orang? Berikut pembahasannya.



Tips Agar Video Promosi Agar Tidak Di-skip

Berikut beberapa tips dalam pembuatan media promosi berupa video yang bisa diterapkan.


1. Awali dengan Narasi yang Menarik

Berdasarkan riset, nilai drop off rate paling tinggi ada di 3-7 detik pertama dalam sebuah konten video. Untuk itu, perlu memberikan awalan yang menarik karena bisa menjadi penentu apakah penonton akan tertarik melihatnya hingga akhir.


Membangun daya tarik penonton bisa dilakukan dengan banyak cara, contohnya menampilkan scene keren, membuat narasi khusus, atau membuat cerita yang memunculkan rasa penasaran. Dengan trik ini, penonton tidak akan skip video yang ditayangkan.


2. Pastikan Durasinya Pendek

Umumnya, video promosi tidak sampai 30 detik. Perlu diingat bahwa pembuatan video untuk mempromosikan produk bukan bermaksud untuk cerita panjang lebar, namun mempromosikannya secara singkat dan jelas.


Hindari pembuatan video yang durasinya cukup panjang agar bisa menyampaikan pesan secara efektif. Untuk itu, Anda perlu menulis skrip terlebih dahulu, sehingga jelas apa yang akan disampaikan nantinya.


Apabila ingin mempromosikan produk lewat media sosial seperti TikTok dan Instagram, pastikan durasi tidak lebih dari 15 detik. Iklan yang muncul di media sosial biasanya cepat dan apabila tidak menarik, maka akan langsung di-skip oleh konsumen.


3. Sisipkan Bagian Menarik di Awal Video

Karena promosi berbentuk video disarankan berdurasi pendek, maka perlu menyusunnya serapi mungkin. Usahakan memasukkan bagian paling menarik di awal untuk meningkatkan atensi konsumen. Dengan begitu, kecil kemungkinan para konsumen melewati iklan Anda.


4. Tambahkan Call to Action di Akhir Video

CTA merupakan aspek cukup penting dalam pembuatan video untuk promosi. Adanya CTA bisa membuat konsumen melakukan tindakan atas usaha promosi yang Anda lakukan.


Pembuatan video untuk promosi ini tujuannya berbeda-beda, misalnya untuk meningkatkan traffic pada situs bisnis, meningkatkan angka penjualan, atau meningkatkan brand awareness.

CTA umumnya diletakkan di bagian akhir video setelah konsumen melihat produk yang ditawarkan dalam video. Contoh CTA yang paling umum misalnya shop now, subscribe, sign up, dan lainnya. Dengan begitu, konsumen tidak akan berhenti di awareness saja, namun lanjut ke proses pembelian.


Tren Konsep Video Promosi Terkini

Membuat media promosi dalam bentuk video ternyata susah-susah gampang. Tidak hanya sekedar merekam produk yang ditawarkan kemudian mempostingnya, namun juga harus memahami tren video yang saat ini disukai banyak orang. Apa saja?


1. Durasi Pendek dengan Disertai Musik Populer

Trend video seperti ini lebih banyak diminati. Video ini banyak ditemui dalam berbagai platform, seperti Instagram Story, Instagram Reels, TikTok, atau Youtube Short yang menggunakan durasi pendek.


Durasi konten yang pendek tidak membuat bosan para penontonnya serta bisa membuat orang ketagihan mencari video yang lain.


Video durasi pendek inilah yang bisa Anda gunakan sebagai teknik promosi yang efektif. Buat konsep yang menarik meskipun berdurasi pendek. Tambahkan musik yang cukup populer serta jangan sampai melewatkan membuat konten yang sedang trending saat ini.


2. Shoppable Video

Video seperti ini gencar diperkenalkan oleh marketplace, karena bisa memungkinkan konsumen berbelanja sembari menyimak video. Trend video promosi seperti ini menjadi inovasi baru untuk meningkatkan pengalaman belanja online.


Melalui konsep video seperti ini, konsumen bisa mengklik tautan yang tercantum dalam video, kemudian menghubungi call center ketika ingin melakukan pemesanan saat itu juga.


3. Video Live Streaming

Konsep video untuk promosi seperti ini populer di tahun 2020 dan berlanjut hingga saat ini. Dengan menonton video live streaming melalui smartphone terbukti mampu meningkatkan minat konsumen untuk melakukan pembelian.



Dengan adanya live streaming, maka penjual sangat memungkinkan untuk berkomunikasi langsung dengan konsumennya. Konsumen akan lebih mudah untuk berbelanja saat live streaming berlangsung.


Setelah mengetahui tips pembuatan video promosi, semestinya Anda tidak perlu bingung lagi menentukan konsep yang akan dibuat. Namun, jika belum menguasai sepenuhnya, Anda membutuhkan jasa pembuat video untuk dijadikan strategi promosi.


Dialograf bukanlah creative agency biasa, namun telah didukung oleh tim profesional di bidangnya yang siap membantu Anda menghasilkan konten video yang bagus untuk promosi produk. Untuk info lebih lengkapnya, hubungi kami di sini.


コメント


bottom of page