top of page
  • Writer's pictureDialograf Indonesia

Tips Konsep Video Promosi yang Menarik Perhatian Audiens


tips-konsep-video-promosi-yang-menarik-perhatian-audiens


Adanya media sosial telah mendorong banyak pebisnis berlomba-lomba untuk membuat konsep video promosi yang menarik guna meningkatkan jumlah calon pelanggan sekaligus mempengaruhi mereka untuk memutuskan pembelian produk maupun layanan bisnis.


Hal ini juga terjadi karena video promosi, seperti Video Marketing, telah menjadi salah satu alat yang paling efektif dalam dunia digital marketing. Banyak dari pelaku usaha yang memilih car ini karena lebih mudah dalam menjangkau audiens yang luas.


Lantas, bagaimana cara membuat konsep video promosi yang bagus dan menarik? Dapatkan jawabannya dari artikel ini!


Pikat Perhatian dengan Video Promosi


Dalam dunia pemasaran yang semakin kompetitif, video promosi dapat menjadi senjata utama untuk memikat perhatian target audiens. Video promosi adalah video yang dimanfaatkan untuk meningkatkan pemahaman terhadap peluncuran layanan atau produk, langganan atau penjualan, serta acara.


Dengan visual yang menarik, narasi yang kuat, dan pesan yang jelas, video promosi mampu menghasilkan dampak yang luar biasa, termasuk dalam memikat perhatian audiens.


Tak hanya itu saja, bahkan video promosi mampu mempengaruhi penonton atau calon pelanggan untuk melakukan tindakan (Call to Action) baik berlangganan layanan maupun membeli produk.


Tips Konsep Video Promosi yang Menarik


Terdapat sejumlah tips yang bisa Anda gunakan untuk membuat konsep video marketing yang menarik dan mampu dipahami oleh audiens, antara lain:


Tonjolkan Brand Identity


Salah satu elemen utama yang tidak boleh terlewatkan dalam cara membuat konsep video adalah menampilkan brand identity. Anda bisa menampilkan keunikan, budaya bisnis, maupun keunggulan perusahaan. Hal ini akan memudahkan pertumbuhan brand awareness audiens.


Gunakan Story Telling


Storytelling adalah cara yang efektif untuk menarik perhatian dan terhubung secara emosional dengan audiens. Dalam video promosi, buatlah cerita yang menarik dan relevan dengan merek atau produk Anda.


Perhatikan Durasi Video


Durasi video yang tepat sangat penting untuk menjaga minat dan keterlibatan audiens. Pastikan video promosi Anda tidak terlalu panjang atau terlalu pendek serta sampaikan pesan dengan jelas dalam waktu singkat agar audiens tidak kehilangan minat.


Sesuaikan Perspektif Konsumen


Ketika membuat konsep video promosi yang menarik, penting untuk mempertimbangkan perspektif dan kebutuhan konsumen. Fokuslah pada manfaat produk atau layanan Anda dan bagaimana itu dapat memenuhi kebutuhan, keinginan, atau masalah yang dihadapi konsumen.


Gunakan Visual yang Menarik


Agar dapat menampilkan visual yang menarik, gunakan gambar, animasi, atau video yang memikat perhatian dan relevan dengan pesan yang ingin Anda sampaikan. Hal ini juga termasuk dalam penggunaan efek khusus, grafis yang kuat, atau adegan yang menarik.


Langkah-langkah dalam Merencanakan Konten Video


Setelah menentukan konsep video promosi yang diinginkan, maka tahap selanjutnya adalah merencanakan pembuatan konten video, dimana langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:


1. Tetapkan Tujuan Video


Pertama, tentukan tujuan apa yang ingin Anda capai dengan video tersebut. Apakah tujuannya untuk meningkatkan kesadaran merek, memperkenalkan produk baru, atau mengedukasi audiens? Dengan menentukan tujuan yang jelas, akan membantu dalam perencanaan konten yang sesuai.


2. Kenali Target Audiens


Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah menganalisa target audiens. Apakah menyasar laki-laki, perempuan, atau keduanya. Kemudian berapa usia mereka, termasuk minat dan kebutuhan.


Dengan mengenali dan memahami target audiens, akan membantu Anda dalam membuat konten yang relevan dan menarik bagi mereka.


3. Persiapan Produksi


Tahap selanjutnya adalah persiapan produksi. Anda bisa menetapkan anggaran untuk memproduksi video, riset dan perencanaan lokasi, serta menyiapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk pengambilan video.


Selain itu, persiapkan naskah atau skrip yang sesuai dengan struktur cerita, penentuan durasi, perencanaan visual dan audio, serta persiapan tim produksi dan jadwal produksi.


4. Tahap Produksi Konten


Setelah persiapan produksi selesai, maka waktunya untuk mulai memproduksi konten video. Lakukan pengambilan gambar dan rekaman sesuai dengan rencana produksi yang telah Anda buat.


Pastikan untuk mendapatkan adegan yang diperlukan dengan baik dan mengikuti naskah atau skrip yang telah disiapkan. Selain itu, perhatikan juga aspek teknis seperti pencahayaan, fokus, dan sudut pengambilan gambar. Termasuk kualitas saat pengambilan suara.


5. Tahap Editing dan Finishing


Setelah proses pengambilan konten video usai, maka tahap selanjutnya yang harus Anda lalui adalah editing dan finishing. Pindahkan semua file gambar dan rekaman ke dalam laptop atau PC.


Kemudian, tinjau semua bahan dan pilih adegan terbaik, gunakan aplikasi editing video untuk memotong, menggabungkan, dan menyusun adegan sesuai dengan skrip dan konsep Anda.

Untuk mendapatkan tampilan visual yang menarik, tambahkan transisi, efek visual, dan elemen audio yang sesuai dan seimbang dengan visual.


Setelah melalui berbagai tahap di atas, maka hal terakhir yang perlu Anda lakukan adalah mengunggah video promosi tersebut ke berbagai platform online yang relevan dengan audiens Anda.


Dengan menggunakan konsep video promosi yang menarik dan berkualitas, mampu meningkatkan minat, memperkuat brand awareness, serta memikat perhatian dan memenangkan kepercayaan audiens. Jadi, mulai sekarang perhatikan konsep video dengan baik.


Konten merupakan cara terbaru untuk berkembang dan meningkatkan keberhasilan. Karenanya, banyak bisnis yang mulai menggunakan animasi 3D serta multimedia untuk mengkomunikasikan ide mereka. Jika Anda tertarik untuk meningkatkan jangkauan audiens bisnis, silakan hubungi Dialograf untuk informasi lebih lanjut.


コメント


bottom of page