top of page
  • Writer's pictureDialograf Indonesia

Tips Belajar dan 12 Rekomendasi Software Motion Graphic


tips-belajar-dan-12-rekomendasi-software-motion-graphic

Jika Anda sedang mempelajari dunia desain, terdapat beberapa software motion graphic yang bisa dicoba. Seiring dengan banyaknya peminat sebagai motion graphic designer, maka banyak orang yang ingin menguasai ilmu digital.


Pada dasarnya, motion graphic merupakan perpaduan antara desain grafis dengan animasi. Motion graphic mampu membuat gambar bergerak dan terkesan lebih hidup.


Untuk membuatnya, diperlukan bantuan software atau perangkat lunak khusus. Artikel ini akan membahas tips belajar motion graphic serta rekomendasi software yang bisa digunakan.



Tips Belajar Motion Graphic

Buat pemula yang ingin belajar motion graphic, tidak perlu khawatir. Coba ikuti tips berikut untuk bisa cepat memahami motion graphic:

  • Bagi pemula, pelajari tools yang dibutuhkan, seperti Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, dan lainnya. Perlu waktu untuk terbiasa mengoperasikannya dengan lancar.

  • Pahami prinsip animasi agar mampu membuat animasi yang menarik dan lebih dinamis, seperti anticipation, staging, stretch and squash, straight ahead & pose to pose, ease-in & ease-out, follow through and overlapping, arcs, timing, secondary action, exaggeration, solid drawing, dan appeal.

  • Ikuti kursus online yang menyediakan kelas motion graphic.

  • Terus berlatih karena belajar dari buku atau menonton video tutorial saja belum cukup, namun harus tetap coba mempraktikkannya.

12 Rekomendasi Software Motion Graphic

Berikut beberapa rekomendasi software untuk membuat motion graphic.


1. Adobe After Effects

Software ini dapat digunakan bagi pemula ataupun profesional karena memiliki fitur yang lengkap. Cara penggunaannya yaitu dengan menyusun komposisi objek, kemudian memberikan efek animasi yang cocok.


Terdapat fitur yang mudah dilakukan bagi pemula, seperti fitur animasi teks yang mampu menghasilkan animasi teks 3D bergerak serta bisa disesuaikan warnanya. Setelah menguasai fitur ini, berlanjut mencoba fitur motion graphic untuk membuat 2D ataupun 3D.


2. DaVinci Resolve

Software motion graphic satu ini menghadirkan tools bawaan untuk motion graphic, yakni Fusion. Tools ini serupa dengan After Effects, namun mempunyai keterbatasan. DaVinci dengan Fusion telah terintegrasi, sehingga tidak perlu lagi install software ataupun plugin baru.


3. Biteable

Jika Anda berniat membuat video animasi untuk iklan atau konten media sosial, Biteable adalah pilihan yang cocok. Anda bisa berbagi serta mengunduh video animasi yang diedit dari template yang ada.


Ada beberapa fitur menarik, diantaranya yaitu bisa menjelajahi ratusan template video profesional, berbagi ke media sosial menggunakan tautan, berbagi dengan anggota tim lain, serta download hasil desain dengan format video full HD MP4.


4. Synfig Studio

Synfig Studio menjadi salah satu software motion graphic yang bisa digunakan secara gratis. Anda bisa membuat animasi berkualitas tinggi secara cepat dengan menggunakan tweening digital.


5. Cinema 4D

Cinema 4D merupakan perangkat 3D, motion graphic, animasi, serta perangkat render yang dikembangkan MAXON Computer. Software ini mempunyai beberapa fitur, seperti animating, texturing, rendering, lighting, serta berbagai fitur umum yang dijumpai di aplikasi 3D modeling yang lain.


Software ini kerap digunakan oleh profesional dan cukup canggih di kalangan anak muda sekarang. namun, sangat disayangkan apabila Anda memakai software ini, karena berbayar.


6. Adobe Premiere Pro

Software motion graphic lain yang bisa digunakan yaitu Adobe Premiere Pro yang telah terintegrasi dengan After Effect. Pada dasarnya, software ini dipakai untuk mengedit video. Dengan menggunakan software ini, maka bisa menggabungkan motion, audio, transisi, hingga melakukan sentuhan final.


7. Mocha Pro

Software ini bisa dibilang cukup sulit dipakai di awal, namun apabila telah terbiasa, maka bisa membantu Anda menggerakkan grafis dengan sangat mudah. Mocha Pro ini cocok digunakan oleh profesional guna mengerjakan berbagai proyek komersial.


8. Adobe Photoshop

Software yang sering dipakai untuk mengedit foto ini ternyata dapat dipakai untuk membuat motion graphic menggunakan gerakan sederhana. Bagi pemula, software ini cocok digunakan karena tidak memerlukan gerakan yang terlalu rumit.


9. Maestro

Software ini juga bisa digunakan dalam pembuatan motion graphic dengan fitur yang cukup lengkap. Maestro mampu menyederhanakan alur kerja pembuatan grafis 2D, 3D, atau animasi.


10. FlexClip

Software ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan pembuatan video dengan waktu yang cukup singkat. Software ini menggabungkan antara tiga layanan dalam satu platform, yaitu editing video, pembuat film, serta pembuat slideshow.



11. Natron

Natron berhasil menciptakan citra yang bagus di pasaran. Natron merupakan software pengkomposisian sumber terbuka dan lintas platform yang bisa menangani format file apapun untuk menghasilkan desain terbaik.


12. Daz Studio

Dari pemula sampai profesional bisa memakai software Daz Studio untuk membuat animasi 3D. Software ini bisa digunakan secara gratis dan dapat digunakan untuk pembuatan serta rendering 3D dalam bentuk gambar atau video.


Itulah 12 software motion graphic yang bisa Anda gunakan. Jika Anda mencari tim kreatif yang berfokus pada pembuatan animasi 3D dan multimedia, Dialograf solusinya. Untuk proyek dan kerjasamanya, hubungi kami di sini.


Comments


bottom of page