top of page
  • Writer's pictureDialograf Indonesia

Tips Memilih Software Design Grafis Terbaik


Tips Memilih Software Design Grafis Terbaik

Desain yang menarik perhatian audiens memang dipengaruhi oleh skill dari sang desainer. Namun, ada lagi satu hal yang mempengaruhi kesuksesan sebuah desain. Apalagi jika bukan softwarenya. Umumnya, desainer akan memilih software desain grafis terbaik agar hasilnya maksimal.

 

Diketahui, ada banyak software yang paling sering digunakan oleh desainer. Dalam memilih, biasanya mereka akan menyesuaikannya dengan preferensi. Perlu dicatat bahwa standar setiap orang berbeda. Oleh sebab itu, pemilihan software bisa dibilang cukup subjektif dan tidak ada acuan resmi.

 

Secara umum, setiap aplikasi software desain grafis memiliki karakteristik, kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk itu, para desainer bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Memilih software yang sesuai dengan preferensi membuat desainer lebih mudah mengekspresikan desainnya.


 

5 Tips Memilih Software Desain Grafis Terbaik

Untuk dapat menemukan software atau aplikasi yang terbaik untuk desain grafis, setidaknya ada beberapa hal yang wajib dipertimbangkan. Apa sajakah itu? Langsung simak selengkapnya pada pembahasan berikut ini:

 

1. Tentukan Kebutuhan

Sebelum memilih, ada baiknya Anda menentukan terlebih dahulu apa kebutuhan utama Anda. Seperti diketahui, desain grafis bisa digunakan untuk web, brosur cetak, animasi atau kebutuhan lainnya. 


Dalam setiap kebutuhannya, rekomendasi softwarenya pun akan berbeda. Jadi, tentukan kebutuhan dahulu.

 

Selain itu, Anda juga harus menentukan kemampuan saat memilih software desain grafis. Sebagai informasi software desain grafis untuk pemula berbeda dengan tingkat lanjut dan profesional. Untuk itu, kenali kemampuan diri sebelum memilih software dalam desain grafis.

 

2. Pertimbangkan Fitur dan Fungsionalitas

Dalam sebuah desain grafis, para desainer pasti akan banyak menggunakan pembuatan vektor hingga manipulasi teks atau animasi. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda memilih software yang memiliki fungsi pengolahan fitur tersebut. Hal ini disebabkan karena tidak semua software memilikinya.

 

Selain itu, software desain grafis terbaik adalah yang penggunaannya mudah. Artinya, software sudah dirancang khusus memiliki antarmuka yang intuited hingga mudah dipahami. Dengan itu, para pemula akan lebih mudah memahaminya.

 

3. Evaluasi Ketersediaan Resources

Poin ini menjadi yang terpenting! Jika Anda pemula, maka pilihkan software yang memiliki banyak tutorial dan pelatihannya. Dengan begitu, Anda akan jadi lebih mudah untuk mempelajari software tersebut secara keseluruhan. Untuk itu, hindari software-software baru yang tidak familiar didengar.

 

Selain tutorial, Anda juga harus mempertimbangkan untuk memilih aplikasi desain terbaik PC. Pasalnya, desain akan lebih maksimal dibuat dengan PC (personal computer) dibandingkan via smartphone. Hasil desain via PC pun bisa lebih ekspresif menampilkan pesona dari desainernya.

 

4. Sesuaikan dengan Anggaran

Meski memang banyak aplikasi atau software yang bisa digunakan secara gratis, namun jika Anda memang ingin menekuni desain grafis ada baiknya untuk menggunakan yang berbayar. Pasalnya, software berbayar memiliki fitur yang tak terbatas sehingga dapat berekspresi dengan bebas.

 

Untuk itulah, pilihlah harga aplikasi yang sesuai dengan budget Anda. Umumnya, lisensi pembelian software desain grafis terbaik ini bisa dibayarkan dalam model berlangganan atau bahkan pembelian satu kali. Jadi, pertimbangkanlah baik-baik.

 

5. Lakukan Tinjauan dari Ulasan Pengguna

Dalam memilih segala sesuatu, ulasan pengguna umumnya jadi salah satu yang paling mempengaruhi pemikiran. Untuk itu, Anda juga bisa memeriksa ulasan para pengguna pada setiap rekomendasi aplikasi desain grafis yang masuk pada list Anda.

 

Dengan mempertimbangkan ulasan pengguna, Anda bisa mendapatkan gambaran besar tentang kelebihan serta kekurangan dari masing-masing software. Jadi, Anda bisa memilih yang ulasan penggunanya paling bagus.

 

Rekomendasi Software Desain Grafis yang Wajib Dicoba

Agar tidak pusing saat memilih aplikasi atau software, Anda setidaknya bisa memasukkan daftar di bawah ini menjadi salah satu pilihan yang wajib dicoba. Apa saja itu?

 

1. Adobe Photoshop

Aplikasi satu ini merupakan salah satu software editing foto yang paling populer di dunia. Adapun fitur terbaik yang dimiliki software desain grafis terbaik ini adalah: Content aware crop, face aware liquify, stylus input support, artboards, design space views, cloud documents dan masih banyak lagi lainnya.

 

2. Adobe Illustrator

Jika ingin membuat desain grafis berbasis vektor, adobe illustrator adalah jagonya. Di sini, Anda bisa membuat icon, poster, mockup layout website dan desain lainnya yang super keren. Bagi pemula, tidak usah khawatir karena sudah ada template yang bisa digunakan untuk menghemat waktu.

 

3. Adobe InDesign

Software satu ini dikhususkan bagi Anda yang ingin membuat desain untuk majalah, buku, poster dan beberapa elemen publikasi lainnya. Penggunaan InDesign menjadi pilihan software desain grafis terbaik karena memiliki fitur adjust layout yang cukup membantu para pemula.


 

4. CorelDraw Graphic Suite

Software ini memiliki fitur web graphic tools dan preset yang dapat digunakan untuk pembuatan konten web kreatif. Selain itu, Corel juga secara khusus menyediakan banyak template, font hingga template desain hingga gradien, vektor dan bitmap.

 

Sebenarnya, masih ada banyak rekomendasi lain yang bisa Anda gunakan seperti Affinity Designer hingga Sketch. Hanya saja, 4 rekomendasi di atas adalah software yang paling populer karena terbukti sudah memiliki banyak pengguna yang tersebar di seluruh dunia.

 

Jika Anda tidak ingin repot-repot memilih software desain grafis terbaik, percayakan kebutuhan desain Anda pada kami. Dengan tim terbaik yang fokus pada dunia animasi dan multimedia, dijamin brand Anda akan semakin maju berkat desain yang bagus. Untuk info lebih lanjut, hubungi kami di sini.


Comments


bottom of page