top of page
  • Writer's pictureDialograf Indonesia

Trend Design Grafis 2023


Trend Design Grafis 2023

Desain grafis merupakan sebuah proses penciptaan sebuah karya komunikasi visual dengan memanfaatkan elemen-elemen multimedia. Agar karya tersebut bisa diterima oleh audiens, seorang desainer wajib mengikuti trend desain grafis yang paling terbaru.

 

Sama dengan fashion, tren pada desain grafis terus berkembang seiring dengan zaman. Oleh sebab itu, para desainer harus sering-sering melakukan riset sebelum membuat sebuah desain agar tidak ketinggalan zaman. Seringkali, designer juga dituntut untuk membuat karya yang tidak terbatas zaman.

 

Setidaknya, ada beberapa elemen penting yang wajib dipertimbangkan seorang desainer, khususnya yang baru belajar tentang desain grafis saat membuat desain. Adapun aspek tersebut adalah elemen visual, komunikasi, kreativitas hingga konsistensi dan identitas sebuah brand.

 

Pengertian Desain Grafis

Sebelum membahas lebih jauh tentang trend desain grafis, khususnya di tahun 2023, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu sekilas pengertian tentang desain grafis. Secara khusus, desain grafis diartikan sebagai sebuah proses penyampaian informasi menggunakan elemen-elemen visual.


 

Adapun elemen visual yang biasanya digunakan dalam desain grafis antara lain: tipografi, fotografi dan ilustrasi. Tujuan penggunaan elemen visual ini adalah untuk menciptakan persepsi tentang sebuah pesan yang akan disampaikan. 


Biasanya, desain grafis digunakan untuk membuat poster, brosur, dan lainnya. Hanya dari gabungan elemen desain, seorang desainer mampu mempengaruhi para audiens sehingga tujuan tercapai. 


Secara umum, tujuan dari pembuatan desain grafis adalah sebagai media promosi hingga peningkatan kesadaran merk atau brand awareness.

 

Trend Desain Grafis 2023

Sepanjang tahun 2023, ditemukan bahwa gaya desain grafis yang sedang populer adalah futuristic. Ciri khas dari gaya ini adalah pemilihan warna atau bentuk yang menonjol hingga pemanfaatan elemen yang mendalam. Jadi, apa saja trennya?

 

1. Motion Graphic

Buat Anda yang mencari ide desain grafis yang paling terbaru, maka trend motion graphic ini wajib dicoba. Visual yang bergerak masih jadi favorit para audiens karena dianggap sebuah konten yang berkualitas tinggi. Dengan penggunaan jenis ini, desain akan terlihat lebih berkelas.

 

2. Brutalism

Gaya brutalism memiliki ciri khas tampilan yang raw dan unfinished. Dengan tampilan tersebut, sebuah desain akan terlihat dingin namun memberikan kesan yang kuat. Gaya satu ini memberikan penekanan pada fungsionalitas hingga originalitas.

 

3. 3D Design

Sama dengan animasi, trend desain grafis 3D kini juga makin digandrungi. Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, di 2023 penggunaan 3D desain makin marak digunakan. Penggunaan desain ini akan membuat para audiens bisa menikmati karya visual yang memiliki proporsi mendekati realitas.

 

4. Riso Print

Desain satu ini juga dikenal dengan risograph printing. Gaya ini memiliki bentuk seperti duplikasi stensil yang menggunakan tinta-tinta yang berbaris. Hasilnya, terbentuk sebuah tampilan desain yang organic dan unik dengan warna yang cerah, berani dengan tekstur yang kasar.

 

5. Modern Nostalgia

Sejak tahun 2022, tren modern-nostalgia telah menjadi favorit dan terus berkembang hingga saat ini. Hal ini disebabkan karena desain ini memiliki gaya yang merupakan perpaduan antara masa lalu dan kini. Gabungan dari premis tersebut kemudian menyajikan sesuatu yang baru dan super unik.

 

6. Custom Type

Desain lain yang juga berpotensi menjadi tren desain grafis 2024 adalah custom type. Tren ini adalah memunculkan tulisan tangan pada sebuah karya desain. Dengan konsep tersebut, tentu saja hasil desain pun akan terlihat lebih autentik.

 

7. Utilitarian Design

Khusus untuk desain ini, gaya yang ditekankan berfokus pada fungsionalitas. Premis inilah yang membuat gaya desain ini menjadi populer sepanjang tahun 2023. Dengan desain tersebut, para audiens akan lebih mudah menyerap informasi. Tidak heran jika gaya ini banyak digunakan.

 

8. Flat Design

Trend desain grafis lainnya yang paling populer sepanjang tahun 2023 adalah flat desain. Sesuai dengan namanya, gaya ini memiliki desain yang flat (rata) atau sederhana. Biasanya, elemen yang digunakan hanya bayangan dan gradien saja. Sementara, tidak banyak efek 3D yang digunakan.

 

9. Expressive Typography

Tahun 2023 rupanya memiliki tren desain yang super minimalis. Pada gaya ini, Anda hanya perlu bermain dengan elemen teks atau tipografi. Meskipun terlihat sederhana, namun gaya ini memiliki nilai seni yang cukup tinggi. Tidak heran jika gaya desain ini banyak disukai anak-anak muda.


10. Minimal Vintage

Masih dengan konsep desain masa lalu, minimal vintage juga masuk dalam daftar tren desain grafis yang banyak diminati tahun 2023. Desainnya yang sederhana namun memiliki karakteristik kuat ini membuat gaya satu ini sangat cocok menjadi media latihan desain grafis bagi para pemula.


 

11. Branded Illustrations

Jika Anda mencari trend desain grafis yang mampu menekankan branding, jangan ragu untuk memilih gaya ini. Penggunaannya secara ajaib dapat menguatkan identitas brand tanpa harus terpatok pada logonya. Jadi, gaya ini sangat cocok bagi Anda yang ingin desain untuk menguatkan brand awareness.

 

Dari data di atas, dapat disimpulkan bahwa sepanjang 2023, desain populer didominasi dengan gaya yang minimalis namun tetap memiliki karakteristik kuat. Jadi bagi Anda yang ingin membuat desain untuk brand Anda, gaya populer tersebut bisa dijadikan rekomendasi.

 

Tidak punya waktu untuk menentukan desain sendiri, jangan khawatir. Kini Dialograf hadir khusus untuk Anda dengan tim kreatif terbaik di bidang animasi 3D dan multimedia. Jadi, desain untuk brand Anda dijamin mengikuti trend desain grafis terkini! Untuk info lebih lanjut, hubungi kami di sini.


Comentários


bottom of page